By Galih at 23.32 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Tips Mengatasi Depresi Bertat - Tugas kuliah yang sadebrek menguras otak, dompet tipis, masalah keluarga yang nggak kelar-kelar, apalagi ditambah baru diputusin pacar. Arrrgggh! Betapa memprihatinkannya hidup jika terus-menerus kita dihimpit masalah dan masalah. Masalah satu belum selesai tuntas, masalah baru lain muncul lagi.

Kebayang nggak sih temen-temen bagaimana kalau kita hidup terus-menerus dihimpit masalah demi masalah ? So pasti kita semua bakalan stress kan? Dan, aku yakin kita semua pasti pernah yang ngalami stress. Atau bahkan yang lebih parah lagi yakni depresi.

Tips Mengatasi Depresi Berat


Depresi memang tidak asing lagi. Karena kita sudah sering menjumpai fenomena ini pada orang lain dan bahkan pada diri kita sendiri. Depresi merupakan gangguan mental yang ditandai dengan kemurungan, kesedihan, tidak bersemangat atau kehilangan minat, kesulitan berkonsentrasi, perasaan bersalah yang terus bergelayut, tidur terganggu dan bahkan nafsu makan pun menurun.

Depresi itu sendiri dibagi menjadi depresi minor (kecil) dan depresi mayor (besar). Depresi minor adalah depresi dengan tingkat wajar alias normal. Depresi ini berlangsung dalam jangka waktu pendek.

Nah, yang bahaya adalah depresi mayor, teman-teman. Depresi mayor ini berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dimana penderitanya mengalami perasaan tertekan secara kontinu sehingga terdapat dorongan untuk melakukan bunuh diri.

Teman-teman, hidup yang indah ini akan sangat disayangkan bukan jika kita menghabiskannya dengan murung, sedih, gelisah secara terus-menerus. Apalagi sampai mengalami yang namanya depresi. Sayangi jiwamu dan sayangilah duniamu, teman. Disini penulis akan memberikan tips-tips untuk menghindari dan mengatasi depresi agar hidupmu lebih bahagia dan bersemangat.

Berikut tips-tips untuk mengatasi depresi:


1. Senyum
Ya, senyum karena tersenyum adalah kekuatan (power) yang dapat menggerakkan hidup ini untuk lebih bahagia dan bersemangat. Ketika bangun dipagi hari, tariklah otot disekitar bibir kita untuk tersenyum. Rasakanlah kebahagiaan yang menyelimutimu, sobat. 

Ingat, kebahagiaan seseorang dalam hidupnya adalah bergantung kondisi suasana dan tingkah lakunya saat dia bangun tidur. Nah, lho maka dari itu ada baiknya kita biasakan untuk tersenyum ketika bangun tidur meskipun sebenanrnya terdapat masalah masalah rumit yang kita miliki. 

Senyum inilah yang membangun sikap positif kita dan membangun energi positif dalam tubuh untuk lebih bersemangat, lebih ceria, bahagia, dan berfikir jernih dalam menghadapi segala sesuatu.
2. Olahraga dan Jalan-Jalan Pagi
Biasakan bangun dipagi hari agar kita dapat berolahraga. Olahraga penting sekali selain baik untuk kesehatan juga baik untuk kejernihan pola pikir kita. Olahraga dapat merefresh otak kita dan membuat otak kita merasa "senang". 

Bahkan jalan-jalan dipagi hari juga berfungsi sama, dapat menjernihkan otak kita dari himpitan-himpitan masalah. Disaat kita bisa merasakan sejuknya udara pagi, tumbuhan tumbuhan yang begitu segar, kicauan burung yang terdengar merdu, indah bukan? 

Rasakanlah ketenangan disaat-saat seperti ini maka hal ini dapat menenangkan dirimu dan mampu membuat dirimu menjadi orang dengan kepribadian yang lebih positif.

3. Mendengarkan musik
Jika teman-teman mulai stress dan bahkan depresi, coba teman-teman hidupkan mp3, dan dengarkan koleksi musik-musiknya. Pasti teman-teman merasa sedikit lebih tenang, bukan? 

Alunan nada-nada yang mengalir dari musik-musik sangat bermanfaat untuk membuat kita merasa nyaman. Tapi tentunya, lagu-lagu yang didengar harus tepat pada saat kondisi kita sedang "kritis". 

Jangan mendenagrkan lagu yang nantinya dapat membuat teman-teman merasa down, bertambah galau, dan sedih. Cobalah mendengarkan musik-musik yang fun, musiknya ringan tapi membuat kita dapat bersemangat kembali.

4. Menonton Film Komedi
Kalau sedang stress, galau, bahkan depresi coba deh teman-teman nonton film komedi. Dijamin, mood teman-teman bakalan kembali. teman-teman akan senyum-senyum sendiri, tertawa saat melihat filmnya. 

Jadi, jangan memperburuk kondisi temanteman dengan wajah ditekuk, sudah saatnya untuk kembali dengan wajah bersinar dan bahagia dan salah satunya lewat menonton film komedi.

5. Curhat Dengan Sahabat (Orang yang Dipercaya)
Jika kamu memilki masalah atau keluhan, segera kamu sharing dengan sahabatmu. Sharing alias curhat dapat meringankan beban yang kita punya. Dengan sharing kita akan mendapat bantuan dari mereka untuk pemecahan masalah-masalah yang kita punya bahkan kita mendapat kekuatan dari perhatian dan semangat yang diberikan oleh sahabat-sahabat kita. 

Sering bercanda, jalan bersama, makan bersama, atau lainnya dapat menguatkan mental dan membuat hidup kita terasa lebih baik. So, jika kamu sedang strees atau depresi jangan tutup pergaulanmu dari sahabat-sahabatmu. 

Bukan hanya sahabat, kita hendaknya juga jangan lupa sharing ke ortu jika mengalami masalah serius. Bahkan kedudukan orang tua dalam hal ini lebih utama dibanding sahabat-sahabatmu karena mereka jauh lebih dewasa dan mengerti apa yang diperlukan oleh anak-anak mereka.

6. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta
Orang yang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan-Nya, dipastikan hidup mereka lebih positif. Melakukan ibadah-ibadah, seperti sholat bagi orang islam berdasarkan penelitian telah terbukti dapat menghilangkan depresi, tekanan, dan dapat mengolah emosi (begitupun ibadah untuk pemeluk agama lain). 

Coba kita melihat orang-orang yang taat ibadah disekitar kita, saat mereka dihampiri masalah berat dan pelik mereka bisa lebih bersabar dan tetap tenang, itulah keunggulan jika kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Jadi, untuk hidup lebih berwarna kita tak lepas dari “tangan Tuhan”, jadi rajin beribadah sesuai agama kalian pastikan hidup lebih tentram, tenang, dan bahagia.


Nah itulah tips-tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi depresi. Jangan memperburuk keadaan teman-teman jika mengalami depresi, segera lakukan sosialiasi (interaksi) dengan orang-orang sekitar seperti teman dan sahabat, carilah kegiatan-kegiatan yang dapat mengembalikan mood kita, dan keep positive thinking adalah kunci utama bahwa semua masalah pasti ada solusinya.

Akan tetapi, jika depresi terlalu berat maka ada bainya teman-teman konsultasi kepada psikolog atau dokter untuk mendapat perawatan medis. Semoga artikel tentang Tips Mengatasi Depresi Bertat dapat bermanfaat. Baca juga artikel kesehatan di bawah ini.
Efek samping gluta lapunzel
Daftar artis indonesia yang melakukan operasi plastik
Daftar anggota SNSD yang operasi plastik
Jung Yong Hwa operasi plastik
Semoga artikelnya bermanfaat ya, terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar