By Galih at 18.04 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Kulit jamuran??! Tidakkk! Tentu sobat merasakan risih jika kulit sobat terkena jamuran. Jamur hanya dapat menganggu penampilan kita. Kita menjadi tidak Pe De dan lebih memilih mengasingkan diri karena malu. Apalagi Indonesia, negara kita merupakan negara tropis dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi sehingga perkembang biakan jamur tidak dapat hindari.

Jamur merupakan organisme yang dapat tumbuh dan berkembang biak pada tubuh manusia yang lembap. Jamur dapat menyerang kulit kaki, tangan, wajah, bahkan alat kelamin. Jamur sangat suka hidup di tempat yang hangat, lembap, dan gelap. Maka dari itulah, sobat harus rajin-rajin membersihkan tubuh.

Cara Mengobati Jamur Kulit


Ketika tubuh berkeringat hendaknya segera bersihkan keringat tersebut dengan mengusapnya atau mandi. Selain itu, jangan lupa untuk memakai celana yang tidak ketat untuk menghindari pertumbuhan jamur. Celana dalampun perlu diganti setiap harinya karena jamur mudah bereproduksi pada lapisan kulit yang melekat pada kain celana dalam yang tidak bersih. Dan selain itu sobat harus menghilangkan kebiasaan meminjam handuk (pemakaian handuk bersama) karena ditakutkan orang atau teman yang sobat pinjam handuknya jamuran sehingga jamur tersebut dapat menular ke kulit sobat.

Nah, untuk menjaga penampilan maka pasti sobat butuh yang namanya obat jamur. Sobat dapat konsultasi ke dokter dan mendapat racikan obat dari dokter. Obat jamur ini bekerja dengan cara menghambat dan mengganggu aktivitas jamur sehingga sel jamur menjadi rusak. Tetapi, selain memakai obat dari dokter, sebenarnya sobat bisa menyembuhkannya dengan herbal alami. Herbasl-herbal alami ini tidak kalah dengan obat dokter dalam menangani jamur. Berikut obat-obatan herbal yang cocok untuk menangani jamur di kulit sobat:

1. Krokot
Rebuslah 330 gram krokot segar dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Kemudian krokot yang telah direbus dibungkus dengan kain lembut. Kompreskanlah pada kulit selama 30-60 menit secara berturut-turut.

2. Ketepeneg Kebo
Siapkan ½ genggam ketepeng kebo serta 2 siung bawang putih. Cucilah kedua bahan tersebut dan lumatkanlah. Oleskanlah ramuan pada bagian kulit yang sakit dan lakukan 3x sehari secara rutin.
3. Belimbing Wuluh

Sobat harus siapkan 10 biji belimbing wuluh. Kemudian 10 biji belimbing wuluh ini dicuci bersih. Biji-biji tersebut digilingg halus dan tambahkan kapur sirih. Aduklah hingga bahan tercampur rata kemudian gosokkan dibagian kulit yang terserang penyakit jamur.

4. Mentimun
Sediankanlah mentimun dan cucilah mentimun hingga bersih. Mentimun yang telah dicuci kemudian diparut, lalu tambahkanlah sedikit belerang yang sudah dihaluskan dan kemudian aduk sampai rata. Oleskanlah campuran tersebut kebagian tubuh yang terjangkit penyakit jamur setiap menjelang tidur malan. Jangan lupa, sobat bersihkan keesokan paginya dan ulangilah beberapa kali sampai jamur menghilang dari kulit.

5. Lengkuas
1/8 rimpang lengkuas digiling halus, lalu tambahkanlah minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya. kemudian oleskan pada kulit yang terserang jamur dan lakukanlah secara rutin. Sedangkan jika jamur terdapat pada selangkangan caranya sobat harus menyiapkan terlebih dahulu 4 jari rimpang lengkuas dan 1 buah bawang putih, kemudian kedua bahan ini di cuci bersih. Gilinglah kedua bahan tersebut, tambahkan 1 sdm cuka dan setelah itu panaskan. Lalu sobat oleskan saja ke selangkangan.

6. Daun Brojo Lintang
Siapkanlah 1 lembar daun brojo lintang. Haluskan 1 lembar daun brojo lintang tersebut kemudian bubuhkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukanlah langkah ini sampai jamur dikulit seperti panu benar-benar menghilang.

7. Tembakau
Tembakau ternyata ampuh dalam menangani jamur. Cara mengolahnyapun mudah untuk pengobatan jamur. Tumbuk halus daun tembakau secukupnya, kemudian oleskan deh pada kulit yang jamur dan lakukanlah secara teratur 2x sehari.

8. Ramuan Daun Jinten dan Bawang Putih
Terlbih dahulu sobat siapkan 5 lembar daun jinten dan 3 butir suing bawang putih. Haluskan lembar daun jinten dan siung bawang putih tersebut. Lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya dan setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur rata dan kemudian digosokkan pada kulit yang terkena penyakit jamur. Lakukanlah hal ini secara teratur 2x sehari sampai jamur benar-benar menghilang dari kulit.

9. Getah Pohon Pepaya
Siapa sangka getah dari pohon papaya dapat membantu menangani jamur kulit. Caranya sobat potong pelepah pohon pepaya untuk diambil getahnya. Kemudian kulit sobat yang ditumbuhi jamur diolesi dengan getah pohon pepaya dan lakukanlah hal ini secara berulang-ulang sampai sembuh.

10. Jeruk Nipis
Untuk panu, jeruk nipis ampuh menghilangkan panu. Potonglah beberapa buah jeruk nipis. Disamping itu, sobat haluskan belerang secukupnya. Campurkan jeruk nipis dengan halusan belerang tersebut dan oleskan  pada bagian kulit yang terkena panu.

Nah, sekarang kamu bisa kembali lagi Pe De dengan kulit bebas jamur melalui herbal-herbal diatas. Bersyukurlah pada Tuhan yang telah memberikan karunia-Nya menyediakan manfaat alam yang banyak untuk kita. Tapi ingat, menjaga kebersihan adalah hal mendasar dan wajib dilakukan untuk mengatasi jamur kulit ataupun jamur-jamur lainnya. Baca juga artikel kesehatan dibawah ini.

  1. 6 Cara Mengatasi Depresi Berat 
  2. 6 Cara Mengatasi Mata Belekan Secara Alami 
  3. 6 Cara Mengatasi Sesak Nafas

Jika sobat hanya melakukan terapi obat herbal atau menggunakan krim obat jamur tanpa menjaga kebersihan itu sama saja dengan bohong. Ingat, ya hindarkan tubuh dari kelembapan yang berlebihan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar