By Galih at 15.54 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Mengatasi Kebotakan - Rambut adalah mahkota manusia, khususnya seorang wanita. Namun, apa jadinya bila mahkota ini rusak bahkan hilang. Ibarat sebuah bunga, perempuan atau laki-laki menjadi tidak menawan lagi tanpanya.
Rambut adalah hal mahal bagi penampilan seseorang. Salah satu gangguan pada rambut adalah peristiwa kebotakan. Kalau botak di usia tua sih itu hal wajar, tapi bagaimana kalau masih usia muda sudah mengalami kebotakan? Tentu ini adalah gangguan yang tidak dapat dientengkan.

Cara Mengatasi Kebotakan Pada Rambut Kepala


Kebotakan atau bahasa latinnya alopesia adalah suatu gangguan hilangnya rambut dari kepala sehingga kepala menjadi jarang ditumbuhi rambut. Mungkin dari kita banyak yang berfikir bahwa kebotakan hanya menimpa pada orang tua, namun sebenarnya kebotakan telah dimulai pada saat usia remaja atau dari usia 20 tahun.  Nah, tapi tetap saja kebotakan di usia muda bukanlah hal yang dianggap baiasa oleh kebanyakan orang. Nah, apa sih yang menyebabkan kebotakan dapat terjadi ?

Kebotakan dapat terjadi karena berbagai faktor, diantaranya yakni:

4 Cara Mengatasi Kebotakan Pada Rambut Kepala

1. Faktor genetik
2. Kelebihan hormon androgen pada akar rambut sehingga menyebabkan batang rambut rapuh
3. Kurang gizi, khususnya vitamin (B12, asam folat, D, dan biotin) serta mineral (Fe, Zn)
3. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung protein
4. Infeksi bakteri, jamur, maupun virus sehingga menyebakan penyakit kepala dan menimbulkan kebotakan.
5. Stress. Karena ada tekanan berat dalam diri akibat masalah, tugas-tugas, atau pekrjaan yang menguras otak dapat menyebabkan kebotakan.

Nah, lalu langkaha apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk mengatasi botak ini? Caranya adalah dengan perawatan terhadap rambut dan kulit kepala agar mendukung pertumbuhan rambut. Kita bisa menggunakan bahan-bahan herbal untuk mendukung pertumbuhan rambut kita, diantaranya yakni adalah:
4 Cara Mengatasi Kebotakan Pada Rambut Kepala

1.Lidah buaya
Sudah tidak menjadi hal baru lagi bila tanaman ini memang berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Cara menggunakan tanaman ini untuk perawatan rambutpun sudah diketahui oleh kita semua. yakni, cukup dengan mengoleskan daging lidah buaya ke rambut kita secara teratur. Diamkanlah selama 30 menit. Kemudian jangan lupa keramas dan lihatlah hasilnya. Rambutmu semakin tebal, subur, dan indah.

2.Bayam
Bayam sangat bermanfaat sekali dalam memperkuat akar rambut. Dengan akar rambut yang kuat, maka kebotakan dapat dicegah. Untuk memperkuat akar rambut ini, sediakanlah satu ikat daun dan batang bayam segar. Cucilah hingga bersih. Kemudian tumbuklah semua bahan tersebut sampai halus. Tambahkanlah garam halus seujung sendok the sambil diaduk rata. Peraslah dan saring ramuan ini, kemudian minum airnya sekaligus. Lakukan hal ini secara teratur sekitar 2-3 kali seminggu.

3.Daun waru
Daun waru terkenal juga dalam mengatasi kebotakan khususnya dalam mengatasi rambut rontok. Daun waru dapat memperkuat akar rambut sehingga kerontokan dapat terjadi. Caranya, siapkan 10 lembar daun waru muda dan segar, segenggam urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Cucilah sampai bersih semua bahan ini. Setelah ini, dipotong-potong secukupnya, dan memasukkannya kedalam panci. Tambahkanlahminyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri masing-masing ½ cangkir. Panaskanlah panci sampai mendidih, kemudian angkat. Setelah dingin, saringlah dan oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukanlah malam hari sebelum tidur sebanyak 2-3 kali dalam seminggu

4.Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat memperlancar aliran darah di kulit kepala. Dengan lancarnya aliran darah ini, maka pertumbuhan rambut dapat didukung. Teh hijau juga dapat membuat rambut menjadi sehat dan kuat. Caranyapun mudah. Seduh teh hijau, diamkan (embunkan) semalaman. Keesokan paginya gunakan air teh hijau ini untuk memijat kulit kepala. Tunggulah sampai 30 menit. Kemudian keramaslah.

Nah, itulah langkah-langkah yang dapat kita tempuh untuk mengatasi kebotakan. Semuanya harus dilakukan secara rutin untuk memberikan manfaat maksimal. Rajinlah merawat rambutmu karena rambut adalah bagian kecantikan dari dirimu. Baca juga ya artikel yang bermanfaat dibawah ini.


Selamat membaca, semoga artikel diatas berguna dan bisa menambah pengetahuan anda.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar