By Galih at 07.40 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Fenomena orang-orang yang mengalami sesak nafas tidaklah jarang. Orang-orang yang terdekat dengan kita juga bisa jadi mengalaminya. Sebenarnya apa sih definisi yang lebih tepat menjelaskan sesak nafas ? Dan apa pula penyeyababnya ? Bagaimana cara mengatasinya? Penasaran, nih sobat? Simak terus penjelasan dari penulis.
Sesak nafas atau yang dikenal dalam dunia medis dyspnea adalah suatu keluhan dari si pasien, dimana penderitanya mengalami gangguan dalam bernafas akibat rasa yang tidak nyaman, nyeri, dan bahkan sensasi berat. Sesak nafas juga bisa diakibatkan karena adanya penyempitan saluran bronkiolus akibat infeksi bakteri. Karena kesusahan bernafas, maka si penderita melakukan proses pernafasan meingkat lebih dari 24 kali dalam semenit untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuhnya.

Gangguan sesak nafas ini tidak boleh kita remehkan karena sesak nafas bisa menyebabkan kematian, lho sobat. Jadi perlu banget penanganan segera. Sesak nafas terdiri dari dua macam jika ditinjau dari penyebabnya, yakni sesak nafas organik dan sesak nafas non organik. Sesak nafas organik ini diakibatkan oleh adanya kelainan pada organ tubuh, sedangkan untuk yang non organik diakibatkan karena gangguan psikis namun tidak diikuti kelainan fisik. Sesak nafas organik bisa disebabkan oleh adanya kelainan pada organ-organ pernafasan, kelainan pada organ jantung, dan juga organ ginjal.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

6 Cara Mengatasi Sesak Nafas

Selain kelainan organ ternyata diabetes juga turut, lho untuk menyeybabkan sesak nafas. Untuk yang sesak non organik, faktor lingkungan bisa menjadi pengaruh, seperti udara yang dingin atau lembab. Lingkungan yang berdebu atau berasap berkontribusi munculnya sesak nafas. Bukan hanya faktor lingkungan, faktor emosi juga berperan. Orang-orang yang mengalami stress, depresi, ketakutan, dan gelisah akan berpeluang mengalami sesak nafas. Jika sudah mengalami sesak nafas saya punya solusi yang tepat dengan 6 Cara Mengatasi Sesak Nafas dibahah ini.

Cara mengatasi sesak nafas dengan cepat dan mudah



  1. Berada pada lapangan atau lingkungan hijau. Seringlah sobat berjalan-jalan utamanya dipagi hari di tanah terbuka dan banyak pepohonan hijau, kemudian hidrup dalam-dalam udaranya. 
  2. Hindari konsumsi susu berlebih, permen, tepung, dan gula putih. Untuk para penyandang sesak nafas kalau bisa hindari makan makanan tersebut, ya. Akan tetapi jika sesak nafas sudah mulai ditangani dan nafas suah mulai tertaur dengan baik, konsumsi saja sedikit makanan tersebut dan lihat hasil reaksi tubuh terhadapnya. 
  3. Sering mengonsumsi sayuran hijau dan rajin minum air putih
  4. Konsumsi sup ayam. Jika sobat mengalami sesak nafas dan diiringi dengan flu, sup ayam menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Dengan disertai bawang putih, bawang merah, kayu manis, cengkeh, serta lada dalam sup akan membantu dalam pembukaan sumbatan saluran pernafasan. 
  5. Sering berolahraga. Berolahraga sangat dianjurkan untuk penderita sesak nafas, utamanya dengan olah gerak punggung dan dada karena dapat memberi bantaun aliran darah dan memberi energi penyembuhan. Salah satu contohnya adalah berenang, yang sudah diakui oleh banyak orang untuk mengatasi sesak nafas.
  6. Olah emosi dengan baik. Sering positive thinking, bersabar, menjauhkan resah gelisah, sering tersenyum adalah bagian dari olah emosi yang baik untuk mengatasi sesak nafas.


Nah, itu dia sobat tips-tips mudah dan murah bagi kalian penderita sesak nafas. Lakukan hal-hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun, bagi kalian penderita sesak nafas berat maka bantuan medis adalah pilihan yang terbaik. Baca juga ya artikel dibawah ini:


Jangan lupa ya setelah membaca di share, biar lebih bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat .
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar