By Galih at 08.00 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Sederhana Mengatasi Ambeien. Wasir, siapa yang pernah mengalaminya? Penyakit yang menyakitkan ini bisa menyerang siapa saja dan tidak jarang juga kita bisa temukan orang-orang terdekat disekitar kita. Ambeien telah menjadi masalah yang serius karena rasa sakit yang ditimbulkannya begitu amat luar biasa bahkan sampai menyebabkan penderitanya sulit untuk duduk, buang air kecil apalagi untuk buang air besar.
Sebenarnya apa sih ambeien itu? Ambeien (hemoroid) atau yang biasa dikenal dengan nama wasir merupakan salah satu gangguan atau penyakit sistem peredaran darah, dimana pembuluh darah balik (vena) melebar atau membesar di daerah anakl (dubur). Ada juga sebagain yang berpendapat bahwa ambeien alias wasir merupakan suatu penyakit akibat rusaknya pleksus hemoroidalis sebagai pembuluh darah yang terdapat disekitar rektum maupun anus.

Ambeien ini sendiri digambarkan sebagai gumpalan dari beberapa jaringan-jaringan yang terdapat dalam saluran anal (dubur) yang terdiri dari pembuluh darah balik (vena) serta jaringan penunjang lainnya disekitar pembuluh tersebut, yakni bisa berupa otot maupun jaringan ikat elastik. Nah, kita tau sendiri kan kalau dubur ini merupakan sebuah terusan yang akan dilewati tinja atau feses ke luar, jadi so pasti bagi si penderita ambeien akan mengalami susuah buang air besar dan bahkan akan mengalami sakit yang luar biasa ketika hendak mengeluarkan tinjanya.

Cara Sederhana Mengatasi Ambeien

7 Cara Sederhana Mengatasi Ambeien

Ambeien ini kebanyakan secara umum muncul pada orang dewasa. Kenali tanda-tanda jika sobat sedang mengalami ambeien, seperti diantaranya sering keluar darah yang menetes saat sobat buang air besar, merasakan rasa sakit yang luar biasa ketika hendak duduk bahkan juga kencing dan buang air besar, muncul tonjolan-tonjolan di sekitar dubur, timbul rasa panas setelah buang air besar. sebenarnya nih sobat, beberapa ahli mengatakan bahwa ambeien itu sendiri sebenarnya normal dan hampir ada pada setiap orang, akan tetapi kalau sudah menimbulkan rasa sakit dan menganggu aktivitas kita saat buang air besar maka itu dikatakan baru sebagai penyakit.

Wasir ini sendiri juga disebebkan karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang sekali makan-makanan yang berserat. Karena kurangnya serat, maka ototmatis kita akan susah mengeluarkan buang air besar dan saat kita hendak mengeluarkan tinja atau feses akan mengeda sekuat-kuatnya. Nah, inilah juga salah satu yang dapat menyebabkan wasir, selain itu juga kurang aktivitas dan kebanyakan duduk.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ambeien ini? Bagi sobat-sobat yang sedang menderita penyakit ambeien, perhatikan penjelasan penulis baik-baik karena di sini penulis akan menjelaskannya. Nah, berikut ini dia tips-tips mengatasi ambeie:

7 Cara Sederhana Mengatasi Ambeien


  1. Rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan kaya akan serat, seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan.
  2. Rajin-rajinlah mengkonsumsi air putih karena air putih dapat membantu proses pencernaan. Minumlah air putih minmal 8 gelas per hari.
  3. Rajin-rajinlah berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur khususnya jalan sehat di pagi hari.
  4. Tidak boleh BAB lebih dari 30 menit.
  5. Jangan berlama-lama duduk. Sobat tidak boleh duduk selama lebih dari 2 jam, karena hal ini akan memicu munculnya ambeien. Selingilah dengan berdiri atau berjalan-jalan kurang lebih 10 menit.
  6. Minum ramuan pisang klutuk. Sobat siapkan saja 1 buah pisang klutuk (pisang batu mentah), kemudian peraslah dan ambil airnya. Air peraasan ini sobat campurkan dengan adas pulosari serta gula aren secukupnya saja. Jangan lupa diaduk sampai merata, kemudian disaring. Minumlah ramuan ini secara sekaligus secara rutin sampai ambeien sembuh.
  7. Minum ramuan kecubung. Sobat siapkan batang dan daun kecubung, kemudian bersihkan. Setelah dibersihkan rebuslah dalam air mendidih. Air rebusan ini pas sekali untuk membasuh anus atau dubur, dan lakukan hal ini secara tertaur sampai embeien sembuh.

Nah, itu dia tips-tips atau cara sederhana untuk mengatasi ambeien. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel dibawah ini.

Selamat membaca, semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat untuk sobat yang membacanya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar