By Galih at 17.45 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Pernah susah buang air besar? Jika ditanya hal seperti ini, tak jarang jika banyak orang yang akan menjawabanya "ya". Susah buang air besar merupakan hal yang amat menjengkelkan. Disaat perut kita benera-benarnya sangat mulas, namun ternuata kita tidak mampu atau sangat susah mengeluarkan tinja atau feses.
Nah, bagi kalian sobat-sobat di mana saja jangan khawatir karena di sini penulis akan membagikan obat-obat berbahan alami yang pas dan efektif sekali menangani susah buang air besar. Mau tau? Simak terus penjelasan penulis. Namun, sebelum membahas mengenai herbal-herbal alami tersebut, ada baiknya kita membahas mengenai seluk beluk dan penyebab terjadinya susah buang air besar.

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

8 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Bahan Alami

Susah buang air besar atau yang dikenal dengan nama sembelit (konstipasi) merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan. Sebab dimana tinja atau feses mengalami pengerasan (padat) yang berlebihan. Sehingga sangat susah sekali utnuk dikeluarkan dan tentu saja hal ini akan menyebabkan kesakitan bagi si penderitanya.

Jika Sobat mengalami sembelit yang amat luar biasa atau yang dikenal dengan nama obstipasi. Maka hati hati kalian akan beresiko terkena kanker usus. Wah, jadi jangan sekali-kali menyepelekan sembelit, ya sobat.

Untuk itu, sobat perlu banget pencegahan-pencegahan untuk menangani sembelit ini. Berikut ini cara-cara pencegahannya:

8 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Bahan Alami

  1. Jangan suka membeli jajan atau camilan di sembarang tempat, pastikan si penjual dan tempatnya bersih dan higienis.
  2. Jangan terlalu sering-sering mengkonsumsi makanan berlemak dan gula tinggi
  3. Sering-seringlah konsumsi air putih, karena ini penting untuk membantu melancarkan proses pencernaan yakni minimal 8 gelas per hari. 
  4. rajin berolahraga seperti jogging atau jalan sehat
  5. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan
  6. Atur waktu tidur dan tidurlah minimal 4 jam dalam sehari
  7. Perbanyak konsumsi alpukat, apel, dan kelapa
  8. Jika sobat diet, jangan lakukan diet secara berlebihan

Nah, lalu apa saja bahan-bahan herbal alami untuk mengatasi yang namanya sembelit? Berikut ini dia sobat bahan-bahan herbal disekitar kita yang cocok untuk mengatasi sembelit:

Bahan Alami Yang Dapat Menyembuhkan sembelit

Nanas

  1. Buah nanas. Buah kuning segar ini ternyata ampuh lo atasi sembelit. caranya juga gampang banget, sobat cukup menyiapkan nanas secukupnya. setelah dicuci maka bersihkanlah kemudian peras airnya. Kemudian minum deh ramuan ini secara rtuin yakni 2 kali sehari.
  2. Temulawak. kalau tanaman yang satu ini memang bermanfaat sekali kalau berurusan dengan pencernaan. Caranya, sobat siapkan dahulu 1 rimpang tanaman temulawak. Cucilah hingga bersih, kemudian parutlah. Peras airnya dan hasil dari perasan ini kemudian dicampur dengan sedikit saja asam jawa dan gula aren. Minumlah ramuan ini secara rutin yakni cukup satu kali sehari.
  3. Seringlah konsumsi buah pepaya matang dan minumlah jus tomat. Kedua buah ini terkenal karena kaya akan seratnya.
  4. Ngokilo. Seperti temulawak maupun nanas, ramuan dari tanaman ngokilo juga efektif dalam menangani sembelit. Caranya, sobat siapkan dahulu daun ngokilo setengah genggam dan kemudian cucilah hingga bersih. Setelah bersih, kemudian sobat rebus daun ini kedalam 2 gelas air mendidih. Biarkan sampai airnya tinggal setengah. Minumnlah ramuan ini secar rutin yakni satu kali sehari secara sekaligus. Lakukan sampai sembelit dapat diatasi.

Nah, itu dia sobat herbal-herbal alami disekitar kita yang pas sekali menangani sembelit. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Untuk menambah pengetahuan anda tentang kesehatan, baca artikel dibawah ini.

Itulah beberapa artikel kesehatan yang dapat menambah pengetahuan anda, semoga berguna.


Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar