By Galih at 05.53 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat Membaca Untuk Kesehatan, membaca adalah jendela pengetahuan. Kata-kata yang sudah sering kita jumpai dimana-mana. Membaca sebagai jendela pengetahuan memang benar adanya. Bahkan membaca dijadikan sebagai tonggak kemajuan pendidikan dalam suatu negara. Membaca adalah suatu kegiatan yang benar-benar amat penting dan fungsional. Karena dengan membaca, pengetahuan seseorang akan terbuka. Wawasan seseorang akan bertambah dan otomatis kecerdasan seseorang akan meningkat.
Gerakan banyak membaca sedang digebarak-gebarakkan oleh pemerintah kita, karena membaca dapat membawa kemajuan suatu bangsa. Karena membaca dapat menunjukkan tingkat peradaban suatu bangsa. Seseorang yang rajin membaca dapat dipastika dia esok akan menjadi orang yang lebih unggu daripada yang tidak.

Begitu vitalnya kegiatan membaca ini menjadikan dia sebagai kegiatan utama dalam proses belajar mengajar disamping mendengar dan menulis. Setiap orang tua pasti ingin anaknya rajin membaca dan akhirnya mencari alternative-alternatif untuk merangsang kegiatan membaca mereka karena begitu vitalnya fungsi dan manfaat membaca bagi tumbuh kembang si anak dikemudian nanti.

Manfaat Membaca Untuk Kesehatan

Manfaat Utama Membaca untuk Kesehatan
Jika ditanya mengenai manfaat membaca, pasti banyak orang yang akan menjawab adalah untuk menambah wawasan atau untuk meningkatkan kecerdasan. Jawaban yang diberikan adalah berputar-putar pada bertambahnya wawasan seseorang dari kegiatan membaca. Tapi, apakah fungsi atau manfaat membaca adalah hanya seputar menambah wawasan saja ? Tentu saja tidak. Ternyata beberapa penelitian yang telah dilakukan, kegiatan membaca ternyata bermanfaat sekali lho untuk kesehatan.

Siapa yang sangka kalau ternyata membaca dapat memberi peran yang sangat baik pada kesehatan kita. Jadi, bukan hanya wawasan saja yang kita dapat, namun manfaat untuk kesehatan pun kita peroleh. Waw, hebat sekali ya kegiatan membaca ini. Lalu apa saja sih manfaat dibidang kesehatan bagi kegiatan membaca ini ? Yuk, kita intip ya teman untuk manfaat membaca untuk kesehatan. Berikut ini dia manfaatnya:

Manfaat Utama Membaca Untuk Kesehatan


  1. Menghilangkan stress. Ternyata nih dengan membaca, sobat dapat menurunkan kadar hormon yang menyebabkan stress yakni hormon kortisol seperti yang telah diungkapkan oelh majalah Weight Watchers. Dan ternyata nih, kegiatan membaca ini paling ampun jika dibandingkan kegiatan seperti mendengarkan musik atau bermain video game dalam menurunkan kadar stress seseorang. Wah, jadi kalau sobat sedang stress ini maka membaca adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan stress. Ada baiknya bacaan yang pas untuk menghilangkan stress adalah bacaan yang ringan dahulu seperti novel, cerpen, atau bahkan majalah.
  2. Mempertajam daya ingat. Dalam suatu penelitian dalam jurnal Neurology (ilmu tentang saraf) dijelaskan bahwa ternyata nih orang yang gemar membaca dapat menurunkan resiko kepikunan, lho. Selain kepikunan, kemampuan kognitif mereka jauh lebih bagus juga dibanding sesamanya yang tidak pernah atau jarang melakukan aktivitas membaca. Jadi, dengan gemar membaca daya ingat seseorang akat dipertajam sehingga kalian-kalian akan masih mudah mengingat sesuatunya dihari tua nanti.
  3. Menangkal datangnya penyakit Alzheimer. Dengan membaca, maka kemampuan kognitif seseorang akan meningkat. Nah, dengan kemampuan kognitif yang semakin dipertajam ini maka otomatis dapat mencegah penyakit alzheimer. Bermain catur juga efektif dalam menangkal penyakit alzheimer.
  4. Mencegah insomnia. Insomnia alias susah tidur menjadi masalah bagi banyak orang. Insomnia juga menjadi tanda-tanda kalau orang tersebut sedang mengalami stress. Makanya nih, sobat bisa membaca buku sebelum tidur supaya tidur sobat lebih lelap. Soalnya dengan membaca buku, pikiran jadi lebih tenang, fresh, dan nyaman sehingga dapat mendorong kegiatan tidur yang lelap.

Nah, sobat itu dia Manfaat Membaca Untuk Kesehatan diri kita. Bagaimana? Sudah saatnya nih bagi kalian gemar membaca. Membaca memang vital sekali untuk kehidupan sobat. Mari kita membaca ! Untuk itu mari kita baca lagi artikel dibawah ini.
Selamat membaca ya, karena dengan membaca banyak manfaatnya untuk kesehatan diri kita.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar