By Galih at 10.10 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cacar air. Siapa yang pernah mengalami penyakit yang satu ini? Pasti diantara kalian banyak yang sudah mengalaminya. Tapi, jika diantar kalian masih ada yang menjawab belum, suatu saat pasti cacar air akan datang juga ke kalian.
Cacar air ini merupakan suatu penyakit yang ditimbulkan karena infeksi virus yang bernama varicella zooster. Akibat infeksi virus ini, muncullah banyak bintik-bintik kecil yang berwarna merah atau oranye bisa berbentuk datar atau bahkan menonjol, bisa melepuh dan ada yang berkeropeng serta membawa rasa gatal. Karena infeksinya dari virus, maka cacar air dapat menular dari satu orang ke orang lain secara langsung.

Jika seseorang sudah pernah mengalami cacar air, maka tubuh orang tersebut akan membentuk kekebalan tubuh yakni antibodi terhadap virus penyebab cacar air, varicella zoster. Karena hal inilah, orang yang sudah pernah mengalami cacar air takkan pernah lagi mengalami cacar air lagi. Cacar air ini bisa muncul ketika sisitem kekebalan tubuh seseorang dalam kondisi yang kurang baik. Cacar air pun mudah sekali penularannya, bahkan jika kita berdekatan dengan si penderita saja cacar air akan cepat menular ke kita.

Cara Mengobati Cacar Air

4 Cara Mengobati Cacar Air

Gejala atau tanda-tanda yang muncul dari penyakit cacar air adalah muncul sakit kepala, tidak enak badan atau demam. Untuk anak-anak dengan umur dibawah 10 tahun rata-rata tidak muncul gejala. Semakin dewasa seseorang, maka gejala dari infeksi cacar air akan semakin parah. Kemudian setelah 3 hari, akan muncul bintik-bintik merah yang datar atau ada yang menonjol. Sering sekali dari bintik-bintik ini muncul cairan yang memberi rasa gatal dan melepuh, yang kemudian terakhir adalah proses mengering sendiri.  Biasanya untuk usia anak-anak, mereka mudah sekali cepat sembuh dari cacar air karena tidak mengalami kesulitan yang berarti. Namun, akan berbeda dengan orang dewasa yang akan semakin sulit proses penyembuhannya dan bahkan bisa berakibat buruk.

Cara mengatasi atau menyembuhkan cacar air ini sebenarnya tidak sulit. Berikut penulis akan berikan tips-tips untuk menyembuhkan cacar air dengan mudah. Berikut ini dia tips-tips menarik untuk dicoba:

Langkah-langkah Menyembuhkan Cacar Air

  1. Mandi di saat pagi dan sore. Meskipun terkena cacar air, usahakan untuk tetap mandi di pagi dan sore hari. Pakailah baju yang kering dan penderita usahakan untuk sering mengganti baju. Dengan menjaga kebersihan tubuh dengan sebaik mungkin maka akan menekan penyebaran virus cacar air ini. 
  2. Minum air kelapa muda. Ketika mengalami cacar air, maka tubuh berada dalam kondisi gerah atau panas. Maka minum air kelapa muda berfungsi untuk mengurangi gerah atau panasnya akibat cacar air. Bukan hanya diminum, air kelapa muda ini juga dapat disiramkan ke daerah tubuh yang terkena cacar air. Dengan air kelapa muda, maka pengeringan dan penyembuhan cacar air akan semakin cepat.
  3. Gunakanlah bedak atau lotion untuk mengurangi rasa gatal. 
  4. Minum air temulawak. Siapkanlah bahan-bahan yang akan digunakan, yakni kencur 15 gram, asam jawa 15 gram, dan air 600 cc. Cucilah terlbih dahulu bahan-bahan tersebut dan potong kecil-kecil kemudian rebus semua bahan tadi. Rebuslah sampai berkurang setengahnya. Nah, air rebusan ini diminum secara rutin yakni 2-3 kali dalam sehari.

Nah, itulah tips-tips yang bisa anda coba ketika cacar air menyerang anda. Jika ingin melakukan perawatan yang lebih terhadap cacar air, maka anda dapat mengkonsultasikannya ke dokter. Baca juga artikel kesehatan dibawah ini.
Penyebab wajah keriput
Cara memutihkan ketiak
Cara mengatasi mimisan
Selamat membaca, semoga artikelnya bermanfaat semua, terimakasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar