By Galih at 07.44 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Menyimpan ASI, Ketika seorang bayi mengisap puting susu ibunya, maka ujung-ujung saraf disekitar payudara terstimulus dan disalurkan ke otak yang kemudian merangsang kelenjar hipofisis anterior untuk memproduksi prolaktin. Prolaktin inilah yang kemdudian dibawa menuju ke tempat pembuatan ASI, akhirnya sel-sel alveoli pembuatan ASI ini memperoduksi susu ASI.

Tips Dan Cara Menyimpan ASI Dengan Benar

Tips Dan Cara Menyimpan ASI Dengan Benar

ASI (Air Susu Ibu) sangatlah bermanfaat untuk si bayi. ASI bisa disebut sebagai nikmat TUhan dan bentuk kasih sayang dari Tuhan kepada setiap bayi melalui seorang ibu karena manfaatnya yang bisa dibilang amat berperan sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan si bayi kelak. Manfaat ASI untuk buah hati antara lain:

Manfaat ASI Untuk Bayi


  1. Membentuk ikatan batin yang lebih mendalam antara seorang ibu dengan buah hatinya. Jadi, ibu yang yang senantiasa memberikan ASI kepada buah hatinya dimasa layaknya ( kurang lebih 2 tahun) dibandingkan ibu yang memberikan susu formula pada bayinya, maka ikatan batin yang terbentuk jauh lebih kuat dari si ibu pertama dibanding ibu yang kedua.
  2. ASI yang diberikan secara rutin, si bayi tersebut nantinya akan memiliki IQ yang umumnya lebih tinggi dibanding bayi yang diberi susu formula
  3. ASi merupakan makanan dan minuman yang berperan dalam membantu perkembangan sel-sel otak dari si buah hati
  4. ASI mampu memberikan kekebalan alami untuk si bayi
  5. Mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan berbagai imunoglobin yang merupakan nutrisi penting bagi si bayi
  6. Membantu perkembangan motorik si bayi
  7. Higienis, murah, dan tidak cepat basi


Nah, jika kita telah mengetahui peranan ASI yang begitu amat besar tersebut, maka tentu saja bunda tidak boleh melewatkan pemberian ASI kepada si buah hati. Hanyalah ASI merupakan makanan yang cocok untuk tumbuh kembang bayi pada masa-masa tertentu, dan ASI hendaknya diberikan kepada bayi sampai si bayi umur 2 tahun. Tapi, bagaimana untuk bunda-bunda yang sibuk yang hampir tidak bisa meluangkan waktunya untuk menyusui si bayi, seperti wanita karir atau bunda yang terpaksa harus menjalani operasi plastik. Tentu, mereka tidak bisa meninggalkan kepentinga-kepentingan tersebut namun tidak mungkin juga untuk melewatkan pemberian ASI pada buah hatinya. Nah, ternyata ASI ini bisa dismpan lho, bun asalkan proses penyimpanannya tepat. Cara menyimpan ASI ini perlu sekali diperhatikan agar ASI tidak rusak dan aman dikonsumsi buah hati.

Pertama-tama perhatikanlah terlebih dahulu tempat penyimpanan ASI. Tempan penyimpanan ASI ini hendaknya terbuat dari bahan beling atau plastik dengan tutupnya yang bersifat kedap udara. Juga bisa menggunakan kantong khgusus ASI untuk penyimpanan ASI. Jika kantong yang digunakan bukanlah kantong khusus ASI maka hal dapat menyebabkan ASI pecah ketika beku dalam freezer.

Jika telah menemukan tempat penyimpanan ASI yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah membersihkannya. Tentu saja membersihkannya bukan sembarang membersihkan. Botol/kantong/wadah dibersihkan dengan air hangat dan sabun. Kemudian, strerilisasilah tempat tersebut dengan cara merebusnya dalam air panas, kemudian keringkanlah.

Nah, setelah pembersihan tempat yuk kita intip tips-tips menyimpan ASI secara tepat dan aman. Berikut tips-tipsnya:

Cara Menyimpan ASI Dengan Benar


  1. Setelah ASI dipompa dari payudara, maka segeralah dinginkan ASI selama kurang lebih 1 jam
  2. Penyimpanan ASI ini berlaku untuk 1 kali saja, maka dari itu hendaknya penyimpanan ASI sebaiknya dibagi dalam jumlah yang sedikit-sedikit. Jika terlalu banyak, ditakutkan ASI tidak akan habis dan malah selanjutnya dibuang
  3. Tidak boleh mencampurkan ASI baru dengan ASI lama (yang telah didinginkan sebelumnya) karena akan merusak kandungan ASI yang baru
  4. Sisakanlah ruang kosong 2,5 cm dari atas botol/ tempat penyimpanan ASI

Nah, itu dia tips-tips buat bunda-bunda dalam menyimpan ASI yang benar. Sudah saatnya bagi perempuan berkarir untuk membuang kesempatan tidak member ASI pada si buah hati. Baca juga artikel dibawah ini.
Cara mengencangkan bokong
Cara mengencangkan payudara
Cara Mengatasi Mata Minus
Selamat membaca, semoga artikel di atas bermanfaat.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar