By Galih at 07.08 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh, Kamu suka tidur siang? Tidur siang menjadi bagian rutinitas jam harimu? Kalau memang iya jawabannya, selamat! Karena tidur siang merupakan aktivitas yang memiliki dampak postif bagi tubuhmu. Jadi, apa yang kamu lakukan adalah hal baik.
Masyarakat umum di Indonesia kebanyakan menjadikan tidur siang sebagai aktivitas rutin bahkan wajib. Tentu saja rutinitas yang menjadi harian ini bila ditinggalkan akan memberi efek yang tidak menyenangkan bagi pelakunya. Seperti akan menjadi pusing, tidak konsen melakukan aktivitas jika meninggalkan tidur siang. Penulis sendiri adalah salah seorang yang menjadikan tidur siang sebagai rutinitas harian yang tak boleh ditinggalkan.

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh 

5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Tidur siang penting sekali untuk merefreshkan otak dan tubuh dari aktivitas yang telah dilakukan. Begitu enaknya tidur siang ini, karena kita bisa berleha-leha di kasur (tempat tidur) dua kali yakni siang dan malam, jadi dapat keuntungan dua kali dari yang tidak tidur siang.

Nah, tapi terlepas dari yang namanya rutinitas tidur siang itu sendiri terdapat berbagai tipe. Tipe-tipe dari tidur siang itu antara lain adalah:

  1. Tidur siang karena direncanakan. Apa maksutnya? Maksutnya adalah sobat memutuskan untuk tidur siang padahal sobat belum benar-benar mengantuk. Hal ini tepat bbanget dilakukan jika sobat sudah mengalami kelelahan yang amat dan pusing.
  2. Tdur siang yang darurat. Tidur siang darurat dikatakan saat sobat mengalami lelah dan tidak mampu untuk melanjutkan aktivitas rutin secara tiba-tiba. Tidur siang tipe ini tergolong wajib, lho karena bila tidak dilaksanakan akan menyebabkan bahaya. Misalnya nih, saat sobat merasa kantuk saat mengemudi wah sobat perlu segera istirahat dan tidur siang, soalnya bila tidak dilaksanakan bisa bahaya bagi sobat karena rawan kecelakaan. Ini juga berlaku untuk para pekerja mesin berat atau pekerja rawan lainnya.  
  3. Tidur siang karena rutinitas. Kalau ini tidak perlu dijelaskan, karena yang jelas tidur siang dilakukan setiap hari yang diambil pada jam yang sama. Ini biasa dilakukan oleh anak-anak dan juga orang dewasa.


Nah, itu dia sobat tipe=tipe tidur siang. Kamu masuk tidur siang yang mana nih saat ini?
Penulis tadi mengatakan bahwa tidur siang ternyata memiliki banyak fungsi. Percaya nggak sih ? Lalu, apa saja manfaatnya. Yuk, simak dari poin-poin berikut:

Manfaat-manfaat dari Tidur Siang

  1. Meningkatkan daya ingat. Wah wah ternyata dengan tidur siang bisa meningkatkan daya ingat otak kalian, lho. Hal ini diketahui setelah penelitian tahun 2008 lalu membuktikannya, yakni bahwa dengan tidur siang dalam jangka waktu 45 menit dapat meningkatkan daya otak si pelakunya.
  2. Menambah atau meningkatkan produktivitas kerja. Tidur siang dikatakan sebagai istirahat, maka tentu dong tidur siang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Tubuh terasa lebih segar, fresh, dan otak merasa lebih baik sehingga siap untuk melakukan aktivitas.
  3. Mencegah penyakit insomnia. Insomnia alias susah tidur dapat ditangani oleh tidur siang. Soalnya nih waktu total istirahat si penderita lebih panjang.
  4. Mengurangi stress. Coba deh sobat tidur siang, kemudian rasakan setelah bangun. pasti pikiran sobat lebih fresh dan segar dan lebih tenang mengatasi dan memikirkan masalah-masalah yang sedang dihadapi. Jadi, kalau sobat sedang stress, cobalah untuk tidur sejenak.
  5. Jantung menjadi sehat. Kalu sobat tidur siang sekitar 20-40 menit saja maka sobat akan terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke. Wah, ternyata dengan tidur siang dapat mencegah penyakit yang berbahaya dan mematikan, ini ya.

Itu dia sobat, fungsi dari tidur siang. Gimana, tetep ogah nggak tidur siang? Dibawah ini masih ada artikel yang menarik dan bermanfaat untuk dibaca.


Terimakasih telah membaca artikel di Blog saya. Semoga anda mendapat manfaat dari membaca artikel di Blog saya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar