By Galih at 05.18 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Amandel, Tidak jarang orang-orang disekitar kita mengalami penyakit yang dinamakan amandel. Amandel merupakan penyakit yang umumnya sering ditemukan pada anak-anak. Seringnya, para pengidap penyakit yang satu ini harus melalui operasi dalam penyembuhannya. Apakah penyakit amandel ini memang harus melalui tahap operasi?
Kita tahu bahwa yang namanya operasi, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena ternyata amandel sendiri dapat disembuhkan dengan bahan-bahan alami, lho. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penanganan amandel ini, ada baiknya kita mengetahui seluk belu, sebab akibat, dan gejala-gejalanya.

Amandel atau bahasa medisnya disebut sebagai tonsilitas, adalah suatu gangguan kesehatan yang dimana terjadi peradangan pada tonsil (amandel) akibat serangan virus atau bakteri yang dapat masuk melalui hidung atau mulut. Jadi, kuman-kuman yang berlebihan ini masuk ke rongga mulut dan nantinya akan bersarang-sarang dalam lipatan-lipatan daerah dibelakang mulut yang disebut amandel (tonsil).

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Amandel

8 Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Amandel

Jika tonsilitas ini tetap dipertahankan maka akan berefek negatif yang dapat berakibat buruk sehingga menyebabkan gangguan THT (Telinga, Hidung, dan tenggorokan). Namun, jangan salah sangka amandel ini berperan penting lho terhadap pertahanan tubuh kita.

Jadi jangan menganggap buruk amandel, karena sebenarnya amandel merupakan jaringan limfoid dalam rongga mulut kita yang berperan dalam melawan tubuh dari serangan kuman penyakit yang akan masuk kedalam tubuh melalui hidung dan mulut. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai fungsi amandel:

Fungsi Dari Amandel

  1. Amandel merupakan jaringan limfoid yang berfungsi membunuh mikroorganisme yang masuk melalui rongga mulut
  2. Berperan dalam menghasilkan limfosit sebagai bagian dari salah satu jenis sel datah putih (leukosit)
  3. Mampu membentuk dan menghasilkan imunoglobin A yang berfungsi untuk pertahanan lokal terhadap serangan kuman-kuman dan mikroorganisme penyebab penyakit yang masuk melalui rongga mulut dan rongga hidung

Jadi yang sebenarnya berbahaya adalah ketika terjadi peradangan pada tonsil (amandel) ini. Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut mengalami tonsilitas atau tidak, maka perlu sekali diketahui gejala-gejalanya agar penanganannya dapat dilakukan segera. Nah, berikut yuk kita simak gejala-gejalanya.

Gejala-gejala Peradangan Pada Amandel

  • Tenggorokan terasa sakit sekali sehingga sulit sekali untuk menelan makanan
  • Penderita sering mengalami sakit kepala
  • Penderita mengalami demam dan kedinginan, meskipun iklim atau cuacanya dalam kondisi baik (cerah)
  • Penderita dapat mengalami hilangnya suara atau suara terdengar "bindeng"

Nah, nggak ada yang mau kan pastinya terserang penyakit yang satu ini. Maka dari itu dong, kita harus mencegahnya. Istilahnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara pencegahannya yakni antara lain.

Cara Mencegah Penyakit Amandel


  1. Tidak lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  2. Jika diketahui saudara atau teman kita ternyata adalah pengidap tonsilitis, jangan pernah menggunakan peralatan makanan secara bersamaan karena penyakit tonsilitis ini menular
  3. Jangan suka makan-makanan yang pedas, berminyak, terlalu panas atau dingin
  4. Tidak lupa rajin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan gizi seperti buah-buahan dan sayuran hijau

Jika penyakit amandel sudah terlanju diderita, maka alternatif penyembuhan tanpa tindak operasi pun bisa dilakukan asalkan radang yang diiderita tidak begitu parah. Herbal-herbal disekitar kita punya khasiat dalam menyembuhkan amandel. Mau tahu apa saja itu? Berikut herbal alami yang efektif dalam penyembuhan amandel:

Cara Mengobati Amandel

1. Bayam
Sayur yang lezat ini kaya sekali akan manfaatnya. Nah, salah satunya ternyata dapat menyembuhkan amandel dan radang tenggorokan. Untuk lebih efektifnya, kita bisa menambahkan bubuk lada hitam

2. Tumbukan Kentang
Buah yang amat mengenyangkan ini ternyata efektif juga lho mengatasi amandel. Tumbuklah kentang, dan konsumsilah secara rajin untuk penyembuhan tonsilitismu

3. Nanas
Buah yang segar dan lezat ini dipercaya bisa menyembuhkan amandel. Banyak sekali orang-orang yang menggunakan alternatif makan buah nanas untuk mengatasi amandel dan hasilnya ternyata terbukti

4. jahe
Jahe memang kaya manfaat dan khasiat baik itu kecantikan dan kesehatan. Jahe pun ternyata dapat mengatasi amandel. Kita cukup membuat wedang jahe (minuman jahe hangat) dan dapat diberi beberapa tetes madu. Wedang jahe ini efektif dalam menyembuhkan amandel, infeksi tenggorokan, dan batuk kering

Nah, itu dia tips-tips sederhana untuk mengatasi amandel secara mudah dan murah. Baca juga artikel dibawah ini.
Jika, amandel yang diderita cukup ringan maka herbal-herbal diatas cocok sekali menangani amandelmu. Tetapi, jika amandel yang diderita sangatlah parah maka segeralah pergi ke dokter. Semoga bermanfaat.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar