By Galih at 17.12 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati cegukan. Cegukan, siapa yang tidak pernah mengalaminya? Hampir setiap orang di dunia ini pernah mengalami yang namanya cegukan. Biasanya jika makan terlalu terburu-buru kita sering kemudian muncul cegukan. Suaranya aneh, tidak membahayakn sih, tapi rasanya tetap saja tidak enak meskipun cegukan akan hilang nanti dengan sendirinya. Sebenarnya apa sih cegukan itu? Bagaimana ya kok bisa muncul cegukan? Apa penyebabnya? Yuk, kita bahas satu-satu.
Cegukan atau yang disebut dengan singultus adalah suatu kejadian kontraksi secara tiba-tiba yang tidak diengaja oleh si diafragma kita. Cegukan ini akan muncul secara berulang-ulang pada setiap menitnya. Adanya udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru, akhirnya menyebabkan glotis (persimpangan pada pita suara) menjadi tertutup, dan akhirnya muncu deh suara hik.

Penyebab Cegukan Dan Cara Mengobatinya

13 Penyebab Cegukan Dan Cara Mengobatinya

Cegukan memang akan segera selesai atau berhenti dengan sendirinya. Namun, menganggu sekali bukan cegukan ini? maka dari itu dibutuhkan untuk pengobatan segera yang biasanya dilakukan oleh home remedy untuk segera menyelsaikan cegukan.

Lalu apa, saja yang menjadi penyebab dari cegukan ini sobat? Untuk menghindari atau mencegah cegukan, perlu banget sobat mengetahui penyebabnya supaya segera berhati-hati. Diantaranya penyebab-penyebab dari cegukan adalah:

13 Penyebab Terjadinya Cegukan 

  1. Makan dan minum dengan terlalu cepat 
  2. Terlalu banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi
  3. Mengalami emosi berat (marah, stress, dsb)
  4. Tertawa sangat keras alias ngakak
  5. Batuk terlalu keras
  6. Terjadi tekanan pada saraf frenik oleh struktur jaringan tubuh yang lain
  7. Langsung meminum air yang sangat dingin (es) setelah mengkonsumsi makan makanan yang terlalu panas ataupun pedas
  8. Adanya gangguan pada ginjal 
  9. Gaya hidup yang tidak sehat serta perilaku buruk
  10. Terjaid ketidak seimbangan larutan elektrolit dalam tubuh
  11. Munculnya sesuatu atau benda asing di telinga
  12. Terjaid initasi pada saraf frenikus dan fregus
  13. Berada di ruangan yang terlalu dingin, seperti ruangan yang ber-AC atau berada dekat dengan kipas angin.

Nah, itu dia penyebab-penyebabnya dari munculnya cegukan. Pantangi ya sobat hal-hal tersebut. Nah, sobat kita semua tahu bahwa cegukan memang mengganggu walaupun tidak membahayakan. Kita pasti ingin sekali cegukan cepat selesai jika kita mengalaminya. Pengobatan sederhananya nih sobat hanya perlu untuk menahan napas (karena nantinya kadar karbondioksida dalam darah akan meningkat sehingga nanti cegukan akan berhenti), bernapaslah dalam kantong kertas, coba minumlah sedikit demi sedikit air dingin, tariklah lidah sobat dengan tangan, gosok-gosokkan bola mata secara perlahan-lahan, sobat perlu tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut, telanlah gula pasir cukup satu sendok teh saja, dan bernafaslah dengan tenang.

Nah, itu dia sobat-sobat cara-cara yang bisa dilakukan oleh sobat untuk segera menghentikan cegukan ketika sedang mengalaminya. Akan tetapi nih, bagaimana kalau yang etrjaid adalah pada anak bayi ? Tidak mungkin sekali bayi melakukan hal-hal tersebut layaknya seperti orang dewasa, bukan? Maka dari itu, untuk ibu-ibu yang ada di rumah perlu sekali penanganan segera jika bayi anda mengalami cegukan karena justru cegukan pada bayi akan sangat menganggu pada dirinya sendiri. Nah, ini dia cara-cara yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu di rumah:

3 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

  1. Pijatlah punggung atau bagian belakang tubuh si bayi. Ibu-ibu di rumah perlu menggososk-gososkkan punggung bayi secara lembut dan perlahan-lahan dan hal ini efektif sekali dalam mengatasi cegukan dengan cepat.
  2. Hentikan menyusui atau menyuapi bayi. Kalau bayi anda sedang cegukan, hentikanlah proses menyusui atau menyuapi bayi anda karena jika diteruskan si bayi akan muntah. Jika bayi berhenti cegukan, maka ibu-ibu dapat melanjutkan kegiatan menyusui atau menyuapi makan si bayi
  3. Bersendawa. Hal ini penting untuk mengeluarkan uadara berlebihan pada perut bayi.

Nah, itu dia cara-cara mengatasi cegukan pada si bayi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel dibawah ini.
Efek samping daun sirsak
Efek samping gluta lapunzel
Cara mengatasi darah tinggi
Itu dia beberapa artikel yang mungkin berguna untuk sobat. Terimakasi telah mengunjungi blog saya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar