By Galih at 08.55 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Pernah mengalami rambut kutuan? Bagaimana Cara Mengatasi Kutu Rambut? Tentu sangat tidak mengenakkan dan rambut terasa kotor dan gatal. Tidak bisa ditepis, hampir diantara kita semua pernah mengalami yang namnya rambut kutuan.

Apalagi pada usia anak-anak, rambut kutuan banyak ditemukan. Untuk kalian para orang tua yang anaknya sedang mengalami rambut kutuan, atau bahkan sobat-sobat sendiri yang saat ini sedang mengalaminya tidak perlu khawatir. Karena disini, penulis akan membagi-bagikan tips-tips mudah untuk mengatasi yang namanya rambut kutuan.

Cara Mengatasi Kutu Rambut


Mau tahu gimana caranya? Pastinya mau dong, akan tetapi akan lebih baiknya kita bahas dulu secara singkat mengenai si penyebab biang masalah ini yakni si kutu rambut atau kutu kepala itu sendiri. Kutu rambut alias kutu kepala merupakan serangga parasit penghisap darah pada kepala.

Seperti layaknya serangga lain, si kutu betina mampu bertelur dihabitatnya bahkan nih mereka mampu bertelur 6 buah dalam sehari, lho. Bahayanya telur-telur tersebut melekat kuat pada rambut. Ckckckc, bahaya banget ya sobat.

Kutu rambut ini juga yang turut membuat rambut kita terasa gatal. Selain itu, kutu rambut ini mudah banget lo penyebarannya dari satu kepala ke kepala yang lain.

Karena hal inilah, sobat perlu berhati-hati untuk terlalu berdekatan dengan orang-orang yang sedang kutuan rambutnya, hindari menggunakan sisir, handuk, topi, atau bahkan bantal secara bersamaan dengan si penderita.

4 Cara Mengatasi Kutu Rambut

Adapun tanda-tanda jika kalian menagalami yang namanya rambut kutuan yakni sering gatal-gatal pada permukaan kulit kepala, munculnya warna kemerah-merahan pada permukaan kulit kepala bahkan telingan dan leher, nampak pada rambut-rambut si penderita telur-telur kecil berwarna putih yang terlihat seperti ketombe namun tidak mudah dikeluarkan dari rambut.

Nah, lalu bagaimana sih cara mengatasi kutu-kutu rambut yang menyebalkan ini ? Caranya mudah kok, sobat namun butuh kesabaran. Langkah-langkah yang perlu sobat lakukan dijelaskan sebgaimana berikut.

Langkah-langkah Mengatasi Kutu Rambut


  1. Gunakanlah sisir kutu. Sobat tau sisir kutu? Itu, lho sisir dengan gigi yang amat rapat sekali. Hendaknya sebelum digunakan, rendamlah terlebih dahulu sisir kutu ini kedalam cuka. Ini akan efektif sekali mengeluarkan telur-telur dari si kutu rambut. Langkah ini terbukti paling efektif, lho sobat dalam mengatasi kutu rambut. Namun yang perlu diingat nih, kondisi rambut sobat harus halus dulu ya ketika menggunakannya, karena jika kondisi rambut masih acak-acakan atau kasar hal ini justru akan merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok.
  2. Rajin keramas. Sobat perlu nih melakukan keramas secara tertaur. Hal ini bertujuan untuk membersihkan rambut dari kotoran-kotoran seperti ketombe, debu, bahkan kutu-kutu rambut juga. Yang diingat juga, sobat jangan suka sering mengganti shampoo. Gunakanlah shampo yang cocok dan sesuai dengan jenis rambut sobat. Dengan kertamas rutin, maka si kutu rambut tidak akan tahan dengan bahan-bahan kimia dan bau-bauan dari si shampoo. Lakukan keramas secara rutin sebanyak 2 hari sekali.
  3. Rendamlah sikat-sikat, sarung bantal, perhiasan rambut seperti tali rambut, jepit, dan lains ebagainya dengan obat-obat kutu yang dapat kita jumpai dipasaran atau dengan alkohol selama beberapa jam. Hal ini efektif dalam mencegah munculnya kutu-kutu rambut berikutnya.
  4. Pijat-pijat kepala dengan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa dari kulit kepala, akar rambut hingga ke ujung rambut kemudian pijat secara lembut dan perlahan lahan. Tutup kemudian dengan shower cap atau handuk berish dan diamkan selama kurang lebih 6 jam. Kemudian bersihkan rambut dan kepala dengan shampoo.

Nah, itu dia langkah-langkah efektif yang mudah untuk mengatasi rambut kutuan. Lakukan secara rutin dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel di bawah ini.


Beberapa artikel di atas mungkin sangat bermanfaat untuk sobat. Dibaca sampai selesai ya, Selamat membaca,
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar