By Galih at 09.46 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Pasti diantara kalian pernah mengalami yang namanya mimisan, bukan? Sebenarnya apa sih mimisan itu? kenapa bisa terjadi mimisan ? Mimisan atau yang disebut juga epistaksis, adalah pendarahan yang keluar dari hidung. Mimisan bisa mneyerang siapa saja, dari yang balita, anak-anak, hingga yang dewasa sekalipun. Pendarahan pada mimisan ini sebenarnya berasal dari akibat terlepasnya lapisan mukosa yang mengandung pembuluh-pembuluh kapiler.
Mimisan ini sendiri sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, namun bisa saja mimisan ini memberikan dampak yang tidak baik bagi kondisi tubuh. Untuk itulah, kita tidak boleh mengentengkan mimisan ini, dan harus mewaspadainya. Mimisan diakibatakan oleh multifaktor, diantaranya seperti iritasi pada hidung, pilek, iklim kering sehingga memberi peluang untuk selpaut hidung menjadi kering dan pecah, trauma pada wajah, bahkan tumor.

Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Mimisan Dan Cara Mengatasinya

Mimisan banyak terjadi pada bagian depan setum nasi (jaringan yang memisahkan kedua sisi hidung), bagian ini banyak terdapat pembuluh darah yang rapuh sehingga memungkinkan terjadinya mimisan. Berikut ini akan dijelaskan lebih mendalam mengenai penyebab terjadinya mimisan.

Penyebab Terjadinya Mimisan Adalah


1. Alergi 
Alergi menjadi salah satu penyebab terjadinya mimisan. Alergi terhadap sesuatu dapat membuat pembuluh darah kapiler menjadi terbuka, otomatis dengan terbukanya pembuluh darah kapiler ini darah pun akan mengalir melalui hidung.

2. Hidung kering 
Jika cuaca atau iklim terlalu panas, maka dapat menyebabkan hidung menjadi kering. Pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan darah keluar dari hidung.

3. Hidung iritasi akibat flu
Jika kita mengalami flu berkepanjangan bisa jadi hal dapat berfek terjadinya mimisan. Dengan adanya flu, maka otomatis hidung akan mudah mengalami luka (iritasi) akibat aktivitas membuang ingus. Otomatis, kalau hidung terjadi iritasi maka pembuluh darah akan pecah dan dapat menyebabkan darah keluar melalui hidung. Maka dari itulah, sobat perlu menggunakan tissu atau kain lembut untuk mengusap (menyeka) sewaktu-sewaktu ingus keluar dari hidung akibat flu.

4. Tekanan darah naik
Orang dengan tekanan darah tinggi dapat mengalami mimisan. jadi, bagi anda-anda dengan tekanan darah tinggi hendaknya konsultasikan terhadap dokter atau petugas kesehatan bila terjadi mimisan.

5. Penyakit yang diderita
Mimisan bisa menjadi akibat karena terjadinya suatu penyakit, dan salah satunya adalah leukimia. itulah kenapa jika seseorang terjadi mimisan banyak orang yang khawatir, bukan karena khawatir pada mimisannya akan tetapi khawatir bila si korban ternyata mengidap suatu penyakit serius. Namun, untuk saat ini orang-orang pengidap penyakit leukimia dapat menangani masalah mimisan dengan antibiotik tertentu.

Jika, diantara kita, sahabat, atau orang-orang disekitar kita ternyata tiba-tiba mengalami mimisan janganlah panik. hal yang perlu dilakukan adala pertolongan pertama yang segera dilakukan untuk orang-orang yang tiba-tiba mengalami mimisan.

Berikut Pertolonga Pertama untuk Mimisan


1. Segera dudukkan penderita mimisan secara hai-hati pada tempat yang nyaman. Posisikan duduk sedemian rupa sehingga hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan pernah membuat atau membiarkan penderita tidur terlentang, hal ini sangat membahayakan karena aliran darah mimisan dapat mengalir tambah deras dan dapat tertelan.

2. Bungkukkan badan penderita agak kdepan. Arahkan si penderita bernafas melalui mulut

3. Tekanlah cuping hidung penderita (sebaiknya dilakukan oleh penderita sendiri) kurang lebih selama 5 menit. Jika darah tetap terus mengalir, maka cobalah kembali untuk menekan cuping hidung selama 10 menit. Namun, jika darah yang keluar tak kunjung berhenti segera bawa ke dokter dan konsultasikan hal ini.

4. Kita dapat memberikan kompres es pada hidung penderita. hal ini efektif sekali untuk memperlambat aliran darah yang keluar dari hidung.  

jika hal diatas adalah pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan, berikut penulis akan memberikan 2 macam bahan-bahan alami sebagai obat tradisional dalam menangani mimisan. Marilah kita simak.

1. Daun sirih 
Daun sirih efektif dijadikan obat tradisional menangani mimisan. Caranya pun sangat mudah, sobat hanya perlu mengambil 2 lembar daun sieih. Cucilah hingga bersih daun-daun sirih tersebut. Gulung daunnya, kemudian masukkan gulungan ini kedalam hidung.

2. Rambut Jagung
Caranya simpel sekali. Ambillah 50 gram rambut jagung. Cucui rambut-rambut jaguang tersebut hingga bersih dan kemudian rebuslah. Ambillah airnya dan minumlah ramuan ini dua kali sehari.

Itulah tadi tips-tips mudah dalam menangani mimisan. Janganlah terlalu panic bila mendapai seseorang yang mengalami mimisan karena sebenarnya mimisan bisa ditangani dengan mudah. Jika, darah si penderita tak kunjung berhenti maka si penderita perlu sekali dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan perawatan lebih lanjut. Baa juga artikel dibawah ini.


Semoga artikiel diatas tadi bermanfaat dan dapat membantu.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar