By Galih at 09.20 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata, kenapa kita harus menjaga kesehatan mata kita? Karena mata adalah jendela dunia. Mata adalah karunia Tuhan yang begitu amat bernilai harganya. Karena dengan indra yang satu ini kita bisa melihat warna-warni indahnya dunia. Dengan mata kita bisa melihat bagaimana hijaunya pohon, birunya langit, bahkan cantik atau tampannya diri kita ini. Karena hal inilah, mata dijadikan sebagai indra vital yang begitu amat harus dijaga.
Namun, sayangnya tak sedikit dari kita yang mengacuhkan kesehatan atau perawatan mata kita. Padahal indra yang begitu vital dan penting ini akan sangat terganggu fungsinya jika tidak di rawat atau dijaga dengan baik. Barulah setelah kita tahu kalau mata kita mengalami gangguan penyesalan datang. Sudah seharusnya sejak dini kita pandai-pandai dalam menjaga dan merawat mata kita.

Mata bukan hanya menunjang fungsinya untuk melihat segala benda-benda yang ada disekitar kita. Namun mata adalah aset penting yang menjadi pusat perhatian dari sebuah penampilan. Mata cantik tentu akan memperindah penampilan kita. Maka dari itu perlu sekali kita untuk memperhatikan kesehatan mata kita agar terlihat bersinar, sehat, dan indah.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Kita

6 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Kita

Bagaimanakah cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari gangguan atau penyakit mata ? Tentu cara-caranya sangat mudah untuk kita lakukan. Hanya saja banyak dari kita yang suka mengabaikan cara-cara untuk menjaga kesehatan mata. Namun, bagi kalian yang masih peduli dengan mata kalian, ini dia tips-tips yang bisa kalian jalani. Yuk, kita simak yang berikut ini.

6 Tips Sederhana Menjaga Menjaga Kesehatan Mata


  1. Pilihlah situasi saat membaca buku dalam kondisi pas. Jangan membaca buku ditempat yang redup. Ini tentu akan mempersulit mata kita untuk mengenali huruf-huruf dalam buku. Otomatis mata akan lelah, dan berakomodai berat dan bisa menyebabkan mata minus. Selain ditempat yang redup, jangan juga membaca buku dalam posisi tiduran atau terlalu dekat. Hal ini menyebabk mata akan mengalami gangguan. Membaca buku yang baik adalah dalam jarak sekitar 25 sampai 30 cm. 
  2. Tidak menonton Tv dengan jarak yang terlalu dekat. Banyak sekali dari kita mengacuhkan hal ini. Menonton Tv dalam jarak yang sangat dekat justru akan merusak mata kita. Apalagi untuk anak-anak yang sering sekali dijumpai bahwa mereka menonton Tv dalam jarak yang sangat dekat. Ini akan membuat mata mereka mengalami gangguan dini. Selain itu, hindari menonton Tv sambil tiduran.
  3. Hindari kebiasaan buruk yakni memainkan handphone saat lampu kamar anda sudah dimatikan.
  4. Tidak menatap terlalu lama layar komputer atau laptop. Bagi kalian yang suka bekerja di depan laptop atau di depan komputer hindarilah terlalu lama menatap layar monitornya. Mata juga butuh istirahat. Jangan terus menerus mata dipaksakan. Setiap 20 sampai 30 menit, anda butuh istirahat sejenak dan arahkan mata anda ke pemandangan di luar. Apalagi mata akan sangat bagus jika diarahkan ke pemandangan berwarna hijau. Jika perlu, pasanglah juga filter monitor supaya mata anda tidak menjadi silau dan yang terpenting jagalah jarak antara mata dengan layar laptop dan komputer anda. 
  5. Jika anda beraktivitas atau sering melakukan kegiatan secara outdoor, maka lebih baik anda menggunakan kacamata pelindung dari sinar UV.
  6. Hindarilah penggunaan tetes mata yang terlalu sering (berlebihan) apalagi sampai ketergantungan. Gunakan sewajarnya dan seperlunya saja.

Nah, itulah langkah-langkah sederhana dan mudah yang dapat kita jalani untuk tetap menjaga kesehatan mata kita agar tetap berfungsi dengan baik. Mudah, bukan? Mari kita peduli dengan mata kita. Baca juga ya artikel dibawah ini, karena artikelnya juga tentang kesehatan tubuh kita.


Mudah-mudahan artikel diatas yang sudah saya sebutkan bisa bermanfaat semua. Terimakasih atas kunjungan anda.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar