By Galih at 06.14 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Ampuh Mengatasi Darah Tinggi, Saat ini negara kita, Indonesia marak dengan kasus penyakit yang dianggap berbahaya, yakni hipertensi. Pasti tak asing kan ditelinga kalian akan penyakit yang satu ini. Hipertensi alias darah tinggi hampir sering kita temui disekitar kita. Bahkan salah satu anggota di keluarga kita bisa jadi punya kasus penyakit hipertensi ini. Kebanyakan yang kita tahu hipertensi adalah penyakit yang dijumpai orang-orang yang sudah lanjut usia atau 45 tahun keatas. Dulunya sih gitu, tapi sekarang darah tinggi bisa mengenai remaja yang masih cukup belia atau muda. Jadi, jangan anggap remeh hipertensi ini, ya apalagi buat kamu-kamu yang masih muda harus berhati-hati terhadap penyakit yang satu ini.
Hipertensi alias darah tinggi adalah suatu kondisi atau keadaan dimana tekanan darah dari seseorang berada di atas kondisi normal. Tekanan darah sendiri diukur oleh alat yang dinamakan sfigmomanometer. Kita tahu, bahwa tekanan darah sendiri ada tekanan sistolik (saat jantung berkontraksi) dan tekanan diastolik (saat jantung berelaksasi). Jadi, tekanan darah dikatakan tinggi apalagi melebihi batas sistolik dan diastolik normal (yakni sekitar diatas 140/90 mmhg).  Tekanan darah tinggi ini sendiri diakibatkan juga karena adanya penyempitan dari pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi rentang menimbulkan timbunan lemak maupun zat-zat lain (seperti kasus penyakit arterskleoris atau arteriosklerosis).

Cara Ampuh Mengatasi Darah Tinggi

4 Cara Ampuh Mengatasi Darah Tinggi

Kita sendiri bisa mengetahui atau mengecek apa kita sudah terkenan darah tinggi atau tidak dengan melakukan kontrol tekanan darah. Tentu kita harus rutin mengecek tekanan darah kita, karena kita harus mewaspadai adanya tekanan daha tinggi. Karena tekanan darah tinggi dapat menimbulkan penyakit serius yang amat berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Apalagi sekarang penyakit jantung sudah menjadi pembunuh yang mematikan dengan angka yang cukup tinggi. Dan ini semua bermula dari yang namanya hipertensi.

Lalu apa ada cara untuk mengatasi tekanan darah tinggi ? Jangan kahawatir, terdapat solusi yang mudah untuk menanganinya. Bagaimana caranya? Mau tahu? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

4 Cara Ampuh Mengatasi Darah Tinggi


  1. Memakan berbagai buah yang kaya akan serat. Bagi penderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi banyak buah yang kaya serat sangat dianjurkan. Hal ini perlu dilakukan setiap hari. Buah yang kaya akan serat misalnya seperti apel, jeruk, dan pisang amat baik untuk penderita darah tinggi. Untuk sayuran seperti brokoli, bayam, buncis, serta kacang panjang juga amat efektif dan perlu menjadi menu harian dari penderita darah tinggi.
  2. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam adalah salah satu penyebab dari naiknya tekanan darah. Pilihlah untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan sodium yang rendah. Jauhilah makanan ringan dengan cita rasa asin. Jauhi juga makanan yang berdaging (berlemak) dan juga keju.  
  3. Bawang putih. Bahan untuk bumbu masakan yang satu ini memang tak ada habis-habisnya untuk manfaat dunia kesehatan. Terdapat senyawa asilin yang dikandung bawang putih dan ini sangat bermanfaat sekali untuk melebarkan pembuluh darah serta menhindari adanya pembekuan darah. Bawang putih juga sudah terbukti dapat menghancurkan lemak dan menurunkan ldl (kadar kolesterol jahat).
  4. Berolahraga secara rutin. Berolahraga adalah solusi terp[enting untuk penderita penyakit yang satu ini. Dengan olahraga maka aliran darah menjadi lebih lancar dan tertaur. Untuk itu, olahraga penting sekali dilakukan.

Nah, sobat itulah beberapa langkah-langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel dibawah ini.


Jangan lupa di share ke teman-temanmu ya kalau memang arikelnya bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di Blog saya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar